Bridestory Market 2017

Beberapa hari lalu, sebuah artikel di Vice mengklaim bahwa ongkos pernikahan yang makin tinggi di Indonesia dipicu oleh Instagram. Datang ke Bridestory Market 2017, dan kamu akan mengerti bagaimana para vendor menerjamahkan mimpi para pasangan

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Tapi tenang saja, artikel ini bertujuan untuk memuji betapa indahnya Bridestory Market 2017 kok :D. Menurut Vice, lebih dari 2 juta orang menikah tiap tahunnya. Tak ayal, hal yang sakral bagi tiap pasangan ini menjadi ladang yang empuk bagi para pebisnis. Untuk mengakomodir selera dan budget yang berbeda-beda, Bridestory Market 2017 telah mengkurasi lebih dari 600 vendor.

Secara spesifik, pameran pernikahan terbesar di 2017 yang diadakan pada 27-30 Juli 2017 di ICE BSD ini memiliki lebih dari 20 kategori yaitu: Bridal, Catering, Decoration & Lightning, Dress & Attire, Entertainment, Event Rentals, Favors & Gifts, Flowers, Hair & Make Up, Health & Beauty, Honeymoon, Invitations, Jewelry, Men’s Formal Wear, Others (Unique Services), Photobooth, Photography, Venue, Videography, Wedding Accessories, Wedding Cake, Wedding Planning dan tentunya Wedding Shoes.

 

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Pameran pernikahan kait eratannya dengan romantika. Bicara soal itu, secepat apa sih manusia bisa jatuh cinta? Dalam hitungan menit, siapa yang tak terpana dengan hantaran rerumputan bercampur lampu dikelilingi oleh booth-booth cantik berisikan pasangan muda yang sedang dimabuk asmara ?

 

Bridal

Processed with VSCO with c1 preset

Karena saya datang pada hari kedua yang jatuh pada Jumat malam, suasana yang saya duga akan ramai ternyata malah sebaliknya. Kondisi yang lenggang memungkinkan saya untuk mengambil gambar-gambar cantik ini secara leluasa.

Selain itu karena tujuan datang ke pameran ini memang sekedar iseng, saya nggak begitu memperhatikan harga yang tertera. Beberapa memang menawarkan harga yang fantastis (Rp 300 juta untuk paket pernikahan dibawah 30 orang di sebuah hotel mewah di Bali atau belasan juta untuk trio pemusik), namun banyak juga yang menyediakan alternatif sewa untuk menghemat biaya.

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Beberapa diantaranya bahkan memasang konsep unik selayaknya pameran seni

Processed with VSCO with c1 preset

bridestory market.jpg

Processed with VSCO with c1 preset

 

Catering

Processed with VSCOcam with c1 preset

Dress & Attire

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Calling all the bridesmaid out there! Favorit saya sih La Bella Bridesmaid (tidak ada di foto) . Lucunya, ada beberapa vendor yang khusus menyediakan pakaian tidur multifungsi sehingga bisa digunakan untuk bridal shower juga.

Favor and Gifts

Processed with VSCOcam with c1 preset

Biasanya ketika datang ke resepsi, hadiah yang didapat tidak jauh-jauh dari kipas, gelas atau post card. Nah, sebagai penggemar kerajinan tangan, saya suka banget koleksi Art & Sew Co , Ellinorline Gift dan Rasa Cinta. Untuk pilihan yang lebih mewah ada Diora and I  serta Nagarey Gift, Rove Gift. (well, menurut saya pribadi sih semuanya premium ya… Mungkin alih-alih untuk diberikan secara massal bagi para tamu, melainkan untuk hadiah bridal shower bagi orang-orang terdekat)

 

Photography

Processed with VSCOcam with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Ini dia salah satu faktor terpenting dalam pernikahan. Yang seringkali bikin orang ngiri ketika melihat pernikahan orang lain ya… akibat tangan-tangan piawai sang fotografer. Sayangnya meskipun ada, saya tidak menemukan booth Axioo di Bridestory Market 2017 ini.

 

Wedding Cake

Processed with VSCOcam with c1 preset

Berdiri megah dekat dengan pintu masuk, rasanya kamu patut menghabiskan sekian menit untuk menghayati kue bak di film-film Disney Princess ini. Coba bandingkan dengan kue disebelahnya yang bahkan sudah berukuran 5 tingkat.

 

Wedding Planning

Processed with VSCOcam with c1 preset

Bagi kamu yang ingin mengadakan pernikahan di luar kota bahkan di luar negri, tak perlu pusing karena di Bridestory Market 2017 tersedia banyak pilihan vendor dari Bali bahkan luar negeri. Salah satu wedding yang menjadi wedding goal tentunya adalah Ayana Resort Bali.

 

Saya pun pulang dari Bridestory Market 2017 dengan perasaan campur aduk. Mampu nggak ya, menyewa salah satu vendor di acara ini dalam waktu beberapa tahun lagi ? Tentunya apapun itu yang terjadi di masa depan, sebesar apapun keinginan kita untuk menciptakan dream wedding, kita harus berkaca pada kemampuan finansial. Vendor yang menyediakan harga-harga selangit juga tak bisa disalahkan mentah-mentah, ada harga ada kualitas bukan? Jangan sampai menambah panjang daftar pasangan yang terbelit hutang karena mengatasnamakan gengsi.

 

Untuk para pasangan yang akan menikah dalam waktu dekat, selamat menentukan pilihan yang bijak! 🙂

 

sumber: VICE Indonesia (Instagram: Pemicu Ongkos Pernikahan di Indonesia Makin Gila-Gilaan)

 

Bridestory Market 2017

Website: Market.bridestory.com 

Instagram: @thebridestory

– Debbyandcraft by Debby Marietta –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s